← Back Published on

Solusi Kemacetan dari Komunitas “Bike to Work”

Kemacetan selalu menjadi hal yang tidak pernah habis dibicarakan, khusunya di kota-kota besar seperti Jakarta. Banyaknya kendaraan pribadi membuat kota Jakarta selalu macet di jam-jam sibuk kerja atau pada saat weekend tiba. Karena memang Jakarta merupakan salah satu kota terpadat di Dunia. Berbagai solusi dan cara telah dilakukan baik dari pemerintah kota maupun dari masing-masing pribadi. Namun tetap saja semua yang dilakukan terlihat tidak berguna, walaupun saat ini Jakarta sudah menerapkan sistem ganjil genap yang sedikit dapat mengurai kemacetan.

Melihat Jakarta yang semakin macet dan ditambahnya peningkatan penduduk yang melakukan urbanisasi bahkan pembangunan proyek transportasi MRT dan LRT membuat Jakarta semakin sumrawut dan terlihat macet sekali.

Namun kalau kemacetan di kota-kota besar seperti Jakarta ini hanya dibicarakan dan tidak ada gerakan-gerakan dan kesadaran dari masyarakat, sama saja dengan membiarkan kemacetan itu sering terjadi. Sebuah gerakan yang digagas oleh komunitas yang menamai dirinya sebagai komunitas “Bike to Work” yaitu gerakan bepergian menggunakan sepeda untuk merealisasikan mengurangi kemacetan, telah membuat orang lain untuk bergerak bepergian menaiki sepeda. Disamping untuk merealisasikan mengurangi kemacetan komunitas Bike to Work ini menilai manfaat yang didapat dengan bersepeda adalah merasa lebih sehat karena sekaligus dapat berolahraga. “karena saya sudah merasakan manfaat ber-bike to work seperti lebih sehat, lebih irit dan lebih hemat waktu. Selain itu bersepeda juga menyenangkan” ungkap Rivolinggo Pamudji Mantan ketua 1.

Komunitas bike to work saat ini sudah memiliki anggota yang cukup banyak dan mencakup seluruh kota besar di Indonesia. Dengan visi memasyarakatkan penggunaan sepeda untuk ke tempat aktivitas ini sudah mulai tercapai sebagian. Meningkatnya pengetahuan masyarakat luas mengenai komunitas dan gerakan Bike to Work merupakan misi yang dijalankan oleh komunitas tersebut dan sudah sebagian terlaksana. Selain dapat mengurangi kemacetan dan dapat merasakan tubuh yang lebih sehat, Bike to Work juga memiliki pengalaman yang tidak biasa yaitu dapat melihat hal-hal yang tidak bisa ditemukan, misalnya dengan melewati gang-gang kecil dan dapat merasakan kehidupan bermasyarakat kebanyakan. berbeda dengan mengendarai kendaraan motor atau mobil.

Selain kegiatan mengkampanyekan bersepeda dan mengurangi kemacetan, komunitas ini juga sering melakukan touring dan berkeliling di kota masing-masing. Komunitas ini juga sering melakukan kegiatan donor darah dan memasyarakatkan minat baca.